Blog

Jenis Kayu Untuk Furniture

jenis kayu untuk furniture

jenis kayu untuk furniture

Ada banyak orang memilih perabot rumah tangga kayu sebab ramah lingkungan, termasuk awet, juga teksturnya cukup kokoh. Berbagai jenis kayu untuk furniture ini dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari penggunaannya pada alat memasak di dapur, hiasan, dan furniture.

Selain alasan yang sudah disebutkan di atas, beberapa alasan lainnya kenapa memilih furniture menggunakan material kayu keran tiga hal berikut:

Pertama, bernilai seni alias tampilannya terlihat estetik. Untuk alasan ini, sebabnya karena termasuk tumbuhan alami makanya tampilan nuansa alamnya sangat kuat. Di samping itu, seratnya cukup bervariasi ikut mendukung tampilan makin indah. Apalagi, kayu sangat bisa dikreasikan ke berbagai konsep sesuai keinginan.

Kedua, daya tahannya lama alias awet.  Memang tingkat kualitas kayu tergantung pada jenisnya. Akan tetapi, penting untuk mengetahui varian kayu yang baik disimpan di dalam maupun di area outdoor. Sebabnya, salah satu indikator penentu perabotan kayu tersebut bisa bertahan lama atau tidak.

Makanya kualitas produk Jepara sudah tidak diragukan lagi karena terbuat dari kayu jati berkualitas tinggi. Secara kualitas dan daya tahan sangat diakui. Terbukti, peminat produk Jepara bukan hanya dalam negeri tetapi sudah diekspor ke luar negeri.

Ketiga, Sangat gampang dirangkai. Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, kalau kayu memang lebih gampang dibentuk. Kayu bisa dipotong-potong bahkan dengan menggunakan alat yang sederhana, kemudian diukir hingga menghasilkan bentuk perabot yang diinginkan. Baik itu dalam bentuk berbagai kebutuhan dan model kursi dan meja, lemari maupun rak, hiasan atau habdycraft, dan lainnya.

Jenis Kayu Untuk Furniture

Faktanya, masing-masing kayu memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu, ada yang kualitasnya tinggi dan rendah. Bahkan kayu jati sekalipun yang terkenal berkualitas tinggi tetap memilki grade. Namun, sebagai referensi berikut beberapa jenis kayu untuk furniture paling sering ditemukan di pasaran.

  • Kayu Jati

Berada di urutan pertama tentu saja kayu jati memiliki kualitas yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Memiliki nama dalam bahas inggris tectona grabdis, jenisnya terbilang langka sebab Cuma bisa ditemukan di daerah Kalimantan dan juga Sumatera. Meski demikian, saat ini jenis kayu tersebut sudah dibudidayakan.

Ciri khas kayu ini adalah kandungan minyak kayu alaminya tergolong tinggi, sangat kokoh, serta tahan terhadap beragam kondisi. Selain itu, seratnya yang cantik, serta tidak mudah menyusut maupun berjamur. Tapi meskipun demikian, sudah pasti harganya masuk kualitas premium dan penggunaan finishingnya tidak boleh sembarangan.

  • Kayu Mahoni

 

Kayu mahoni ini juga sering ditemukan pada produk Jepara. Hanya saja, dari sisi kekuatan memang masih jauh dari kayu jati, tetapi serat mahoni sangat halus dan sangat lunak atau lembek. Alhasil, pengrajin sangat gampang mengukirnya.

Namun, meski harganya murah ada trik saat menggunakan mahoni. Sebaiknya gunakan kayu berdiameter di atas 30 cm. Di samping itu, teksturnya yang lunak membuatnya sangat gampang terkena jamur maupun hama sejenis. Dengan pemikiran ini, teknik untuk membuatnya tahan hama dengan cara merendamnya pada  cairan khusus pencegah hama 

Untuk menyimpulkan dengan melihat penjelasan di atas mengenai keunggulan kayu mahoni terlihat keunggulan kayu ini seperti, harga terbilang sangat terjangkau apabila membandingkannya dengan  kayu jati. Minyak alaminya lebih sedikit sehingga bisa pakai warna solid, dan karakternya cukup ringan.

  • Kayu Trembesi

Apabila menginginkan perabotan berbahan kayu untuk kebutuhan indoor dengan harga miring maka  kayu trembesi solusinya. Guratan kayu ini seperti pada kayu jati yang sangatlah elegan. Kelebihan lainnya adalah baik untuk ornamen ruangan yang ukurannya besar seperti meja di teras atau ruang makan. Namun, tetap perhatikan kekurangannya yakni rentang terserang hama serta tidak disarankan untuk kebutuhan outdoor karena tidak tahan dengan cuaca.

 

Cara Memilih Jenis Kayu Untuk Furniture

Penjelasan di atas sudah memberikan gambaran tentang cara memilih jenis kayu untuk furniture. Namun, tidak perlu repot membuatnya sendiri. Semua itu bisa Anda dapatkan di Hutan Kayu Furniture Jepara yang merupakan supplier terbesar yang ada di Jawa Tengah. Tidak hanya melayani permintaan dalam negeri tetapi juga luar negeri dengan ratusan jenis produk untuk kebutuhan hunian maupun gedung.

Terbuat dari jenis bahan kayu berkualitas tinggi serta harga yang sepadan, di sini Anda tidak hanya bisa pesan produk seperti mebel ukir dan minimalis, furniture antik atau solid, untuk kebutuhan garden dan lainnya yang sudah tersedia di katalog. Tetapi, bisa pesan desain sesuai keinginan dengan pengiriman aman terpercaya.

Selanjutnya, keunggulan pesan di sini adalah adanya garansi apabila terjadi kerusakan maupun cacat saat produksi atau di pengiriman. Garansi lainnya jika terjadi perubahan warna pada finishing dan terjadi kerusakan pada konstruksinya. Keren bukan? Segera dapatkan produk mebel Jepara dengan harga khusus  dengan menghubungi nomor +62 81 882 856 160.

Leave a Reply