Blog

cara membersihkan jamur di mebel

cara membersihkan jamur di mebel

cara membersihkan jamur di mebel – Produk kayu selama ini terkenal dengan produk yang rentan terkena jamur. Alasannya karena sifat pada kayu yang memiliki kelembapan yang tinggi atau dikenal dengan sifat higroscopic. Higroscopic artinya kayu memiliki kecenderungan dalam menyerap lembap pada permukaannya sehingga penting untuk tahu cara membersihkan jamur di mebel. Akibatnya, sifat kecenderungan tersebutlah yang menjadi penyebab jamur mudah bertumbuh pada kayu.

Faktanya, ada berbagai jenis jamur yang sering menempel pada kayu termasuk yang sudah berbentuk furniture. Seperti jamur permukaan. Sesuai dengan namanya tentu saja jamur ini berkembang di permukaan kayu. Selain itu, ada yang sering muncul di area furniture yang sudah dicat maupun di atas kaca. Apabila ini terjadi, akan membuat mebel terlihat kurang menarik dan mengganggu kesehatan pemiliknya.

Penyebab Munculnya Jamur Pada Mebel

Mengutip berbagai sumber, ada tiga pemicu yang bisa membuat jamur muncul pada produk berbahan kayu. Salah satunya karena lingkungan dan memang kondisi kayu yang gampang jamuran. Penyebab lainnya yakni faktor kelembapan yang tinggi pada tempat menyimpan mebel tersebut, sirkulasi udara yang buruk serta kotoran maupun debu yang menempel jarang dibersihkan sebab tidak mengetahui cara membersihkan jamur di mebel yang benar.

 

Cara Membersihkan Jamur Di Mebel

Seperti yang dijelasan sebelumnya kalau perabotan yang berjamur selain kurang enak dipandang, juga tentu berbahaya bagi kesehatan, dan berpotensi merusak barang-barang yang ada di dalamnya. Umpamanya lemari yang berjamur tentu akan merusak pakaian yang tersimpan di dalamnya. Sepatu yang tersimpan pada rak yang penuh jamur selain merusak sepatu juga akan menimbulkan bau kurang sedap. Makanya cara membersihkan jamur di mebel adalah hal penting. Jangan sampai berniat membersihkan malah ikut merusak mebelnya.

Apalagi kini ada banyak pilihan cairan pembersih kayu yang bisa dicoba. Paling penting tahu cara menggunakannya dengan benar. Bahkan, trik-trik lokasi penyimpanan juga wajib diketahui kalau tidak ingin jamur menyerang perabot yang ada di dalam rumah. Memang, biasanya banyak orang menggunakan alkohol yang memiliki kandungan 70 sampai 80 persen untuk membersihkan mebel dari kotoran seperti jamur.

Bagaimana cara membersihkan jamur di mebel menggunakan alkohol? Trik yang bisa Anda coba adalah dengan mengambil kain lap kering kemudain berikan sedikit cairan alkohol kemudian sapukan ke area yang ada jamurnya. Sebaiknya, usap semua area meski tidak terlihat ada jamur. Cara lainnya dapat Anda coba dengan menggunakan cairan air jeruk nipis yang sudah tercampur garam. Sama seperti menggunakan alkohol, ambil kain lap lalu basahi air campuran kedua abhan tersebut dan usap ke area berjamur.

Demikian beberapa cara yang secara khusus menggunakan cairan pembersih bisa diterapkan pada mebel yang rentang berjamur. Hanya saja, ada banyak faktor ikut mendukung jamur kembali tumbuh. Seperti tempat penyimpanan hingga jenis kayu yang kurang berkualitas. Trik pencegahan lainnya bisa Anda simak pada penjelasan di bawah ini.

Trik Praktis Membersihkan Jamur di Mebel

Memang selain menggunakan cairan tertentu, trik praktis membersihkan jamur di mebel adalah membiarkan mebel tersebut terkena cahaya matahari dalam rentang waktu tertentu. Paling lama kira-kira setengah jam sehari. Namun, ini hanya berlaku pada kayu yang tahan panas. Sebab kelembapan menjadi faktor munculnya jamur. Contohnya mebel berbahan kayu jati maupun kayu lain yang tahan sinar matahari akan membuat perkembangan jamur terhambat dan membuatnya cepat hilang.

Cara kedua bisa Anda lakukan adalah memasang produk khusus penyerap udara yang lembap. Menggunakan alat ini akan mengatur kelembapan udara. Anda bisa menaruhnya di dalam lemari pakaian. Alat ini ternyata ampuh menekan pertumbuhan jamur pada mebel kayu dalam hal ini lemari pakaian. Kemudian, simpan kamper untuk cegah jamur datang. Gantilah kamper secara rutin terutama saat wanginya sudah mulai hilang.

Cara ketiga dengan menggunakan lampu. Ingat bahwa tidak semua jenis kayu mebel bisa tahan matahari. Untuk alsan ini jawabannya karena justru akan merusak dan membuat teksturnya berubah. Solusinya ganti dengan lampu. Hawa panas dari lampu dianggap akan membantu mencegah jamur tumbuh.

Terakhir tapi bukan yang akhir, sebagai cara membersihkan jamur di mebel yaitu berikan lapisan vernis pada mebelnya. Sehingga, perabot tidak sekadar terlihat indah tetapi bisa menutupi area yang berjamur. Tapi, sebaiknya sebelum memberikan vernis bersihkan dahulu jamur yang menempel.

Untuk menyimpulkan dengan melihat penjelasan di atas adalah tidak boleh terlena dengan mebel yang murah bahkan harganya jauh di bawah standar. Sebabnya, bisa jadi produk tersebut sepadan dengan harganya yang ternyata hanya cantik dari sisi model. Sedangkan kualitasnya sangat jelek.

Kesimpulannya adalah Hutan Kayu Furniture solusi mebel berkualitas. Kalau sudah tahu cara membersihkan jamur di mebel, saatnya memilih produk berkualitas dan terbaik bukan hanya terpercaya dalam negeri tetapi juga produk-produknya sudah ekspor. Untuk Anda yang butuh mebel kebutuhan gedung pertemuan, gedung komersil maupun hunian hingga taman, tepat sekali memilih Hutan kayu Furniture.  Segera hubungi +62 81 882 856 160 untuk konsultasi kebutuhan Anda.

Leave a Reply