Artikel, Furniture Mebel Jepara, mebel jepara

Tips Memilih Furniture Kayu

Tips Memilih Furniture Kayu
Tips Memilih Furniture Kayu

Tips Memilih Furniture Kayu

Keberadaan furniture sebagai pendukung konsep sebuah ruangan yang minimalis, modern, hingga klasik tidak dapat terpisahkan. Misalnya, memilih jenis furniture kayu untuk melengkapi ruangan adalah hal yang sangat penting. Kualitas juga ikut menjadi penentu sehingga tips memilih furniture kayu harus Anda pahami.

Semakin berkualitas berbagai furniture kayu yang kamu gunakan maka pemanfaatannya tentu akan sangat lama. Di samping itu, jangan pernah tertipu dengan model luarannya saja tanpa melihat kualitas bahan dasarnya. Jadi, meskipun modelnya mungkin terlihat keren, belum tentu bahannya juga baik.

Apa Itu Furniture?

Furniture sering juga dikenal dengan istilah mebel. Sedangkan dalam bahasa sehari-hari terkenal dengan sebutan perabotan rumah tangga. Fungsinya juga sangat beragam. Baik untuk skadar meletakkan barang maupun menyimpan. Ini bisa terlihat dari penggunaan meja dan lemari.

Namun meskipun demikian, ada banyak sekali fungsi furniture yang mendukung ruangan terlihat makin estetik. Jadi, selain tugas utamanya mengisi ruangan baik itu hunian ataupun kantor, juga mendukung aktivitas yang ada dalam ruangan tersebut, lalu meningkatkan value sebuah ruangan, dan memberikan nilai estetika. Makanya tidak boleh sembarang memilih furniture.

Jenis Kayu yang baik untuk furniture

Ada berbagai jenis kayu yang sejak lama terkenal karena kualitasnya. Keunggulannya kokoh, kuat, tidak mudah termakan rayap, serta lebih gampang dibentuk dalam berbagai model mebel. Misalnya, berbagai model meja, lemari, maupun kursi beragam kebutuhan. Baik untuk hunian pribadi maupun untuk gedung-gedung komersil.

Deretan kayu-kayu yang berkualitas tinggi tersebut antara lain:

Pertama, Kayu Jati. Smua mungkin akan sepakat dengan kualitas kayu jati. Tidak heran kalau jenis kayu ini sangat mahal di pasaran karena sebanding dengan kualitasnya. Kayu berwarna cokelat cenderung kekuning-kuningan ini masuk dalam kategori premium dan bisa bertahan sampai puluhan tahun. Untuk alasan ini yang membuatnya mahal.

Keunggulan lainnya, stoknya terbatas sehingga sangat sulit untuk mendapatkannya. Selain itu, kandungan minyak alami kayu ini juga tinggi yang membuatnya bisa awet. Namun, meskipun begitu, finishing menjadi kelemahan kayu jati. Sehingga tips memilih furniture kayu jati harus memperhatikan finishing terutama pada pemilihan warna solid. Sebaiknya tidak menggunakan warna mencolok sebab akan menimbulkan noda sebagai efek dari minyak alaminya.

Kedua, kayu trembesi. Dari sisi serat, kayu ini memiliki kemiripan dengan kayu jati. Hanya saja, ukuran jenis kayu ini biasanya lebih besar karena biasanya pertumbuhannya cepat, biasa hidup di area yang kurang air, serta sering kali jadi peneduh jalanan. Makanya lebih banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kayu solid. Kekurangannya dari sisi keuatan yang tidak cocok untuk penggunaan di luar ruangan.

Ketiga, kayu mahogani. Mengutip beragam sumber menyebutkan kalau selain menggunakan kayu jati, jenis kayu ini banyak digunakan untuk produk jepara. Karena kualitasnya bahkan menjadi primadona di luar negeri. Makanya kayu mahogani dibuat untuk kebutuhan ekspor.

Memiliki ciri khas pada seratnya yang halus, pori-pori lebih kecil sehingga hasilnya lebih halus dan harganya lebih terjangkau, ringan, dan baik untuk finishing warna solid adalah kelebihan jenis kayu mahogani.  .

Tips Memilih Furniture Kayu

Mebel berbahan dasar kayu sangat disukai karena tampilannya yang estetik serta dari sisi ketahanan sangatlah awet. Hampir semua desain furniture dengan pemilihan kayu yang tepat akan menampilkan kesan elegan. Kemudian harga yang sepadan dengan kualitas, membuat mebel ini laris di pasaran.

Tapi meskipun demikian, tetap berhati-hati dalam memilih furniture kayu. Berikut bisa jadi tips memilih furniture kayu.

  • Mengetahui jenis kayu yang digunakan

Langkah awal ketika mengunjungi toko furniture adalah dengan menanyakan kepada penjual jenis atau bahan kayu yang digunakan. Setelahnya cari tahu apa kelebihan serta kelemahannya. Anda juag bisa mengecek setiap bagian-bagiannya. Apakah permukaannya ada yang rusak, halus atau belum rapi?

  • Perhatikan konstruksinya

Kalau menggunakan bahan kayu jati maka penting untuk memeriksa konstruksinya. Biasanya akan simetris bentuknya dan konstruksinya kuat atau tidak gampang terlepas. Sehingga tampilannya sangat merata dan sangat elegan.

  • Pilih yang permukaanya halus bebas lubang

Kenapa harus memperhatikan trik ini, akan sangat berpengaruh pada tampilan dan ketahanan. Kalau memiliki lubang, menandakan adanya serangga maupun rayap yang tinggal di lubang tersebut dan membuatnya lebih gampang lapuk atau keropos. Padahal, bisa saja bagian luarnya terlihat kuat.

Kelebihan Menggunakan Furniture Kayu

Berbagai kelebihan menggunakan furniture kayu bisa Anda dapatkan ketika pesan produknya di Hutan Kayu furniture antara lain:

– Supplier terbesar lokal dan ekspor. Jika Anda menginginkan mebel Jepara untuk kebutuhan hunian, gedung pertemuan, maupun gedung komersil seperti resto dan cafe Hutan Kayu tempatnya.

– Belanja by katalog maupun custom. Selain belanja kebutuhahn furniture di sini juga tersedia kaligrafi serta handycraft yang bisa dipesan langsung secara online maupun offline. Dan lagi bisa pilih berdasarkan katalog ataupun pesan desain yang Anda inginkan.

– Tersedia berbagai jenis desain di sini yang memiliki garansi jika terjadi cacat, kerusakan ketika pengiriman, atau terjadi perubahan warna finshing. Selain itu, jaminanpengiriman yang 100 persen terpercaya.

– Terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, namun Hutan kayu Furniture menjawab kebutuhan Anda dengan harga yang sangat kompetitif. Segera konsultasi dan kirimkan desain yang Anda ingin pesan di nomor 081882856160.

Leave a Reply