Artikel

Cara Memilih Warna Furnitur

Cara memilih warna furnitur
Cara memilih warna furnitur

Cara memilih warna furnitur

Cara memilih warna furnitur berkaitan dengan fungsinya dari mebel itu sendiri. Kata mebel atau furniture sendiri mengindikasikan sebagai tempat menyimpan barang-barang.  Keberadaannya dalam rumah sangat penting sebagai kebutuhan paling mendasar. Rumah bisa tampak lebih rapi dan luas berkat penggunaan mebel yang tepat. Karena sifatnya yang multifungsi bentuk mebel terus mengalami modifikasi sehingga bisa lebih useful. Pembuatan dan pembagian jenis furniture pun memiliki berbagai standar acuan. Misalnya berdasarkan fungsi, selera pemesan, tujuan pemakaian, tampilan luar, konstruksi, material, dan teknik pembuatan. 

Cara Memilih Warna Furnitur Berdasarkan Jenis 

1. Mebel bergerak

Jenis furnitur ini mengedepankan fleksibilitas yang tinggi. Hal ini berfungsi untuk memudahkan pengguna memindahkan tempatnya. Ciri yang paling khas pada mebel bergerak adalah pada kaki furniture terdapat roda.  Biasanya mebel dengan bahan besi, baja atau aluminium menggunakan kaki roda seperti ini. Meski mudah untuk kita gerakan, sering kali ada roda yang mudah macet, rusak hingga copot. Inilah kelemahan dari mebel bergerak. 

2. Mebel Knockdown

Jenis ini memiliki konsep yang hampir sama dengan mebel bergerak. Konstruksi dari mebel ini menggunakan sistem lepas pasang. Artinya produk tersebut menggunakan engsel sebagai menyambung satu bagian dengan lainnya. Kita membongkar lalu memasangnya kembali sesuai dengan kebutuhan. hanya saja karena tidak menggunakan lem untuk merekatkan tiap komponen, ada potensi gampang bergeser atau goyang. Selain itu kita memerlukan kehati-hatian untuk komponen dengan engsel atau penyanggahnya saat membongkar. Karena jika terlalu sering kita bongkar, engselnya bisa rusak atau patah. 

Material yang sering kita gunakan untuk membangun konstruksi mebel knowdown adalah kayu. Cara memilih warna furnitur juga harus menyesuaikan dengan natural color kayu. Baik lemari, kabinet, meja, ayunan maupun dipan bisa kita desain jadi mebel knockdown. Kita hanya perlu mengukur dengan akurat aspek kekokohan dari konstruksinya. Terutama untuk furniture ukuran masif yang sulit kita gerakkan. Maka solusi alternatifnya adalah memuat sistem bongkar pasang agar lebih mudah kita pindahkan. 

3. Mebel Lipat

Sepintas mebel ini mirip dengan knockdown tapi ternyata berbeda loh. Pada mebel knockdown semua komponen bisa kita pisahkan satu sama lain. Lalu sewaktu –waktu kita bisa kembali memasangnya dengan bentuk yang sama. Namun mebel lipat hanya kita lipat saja tanpa terpisah. Artinya komponennya tetap menyatu satu sama lain. Hanya saja beberapa bagian kita desain agar bisa terlibat.  

4. Mebel Free Standing

Furniture ini paling sering kita temukan ya. Bentuk konstruksi mebel ini utuh dan pakem, tidak dapat kita lipat ataupun bongkar pasang. Ia membutuhkan ruangan yang banyak. Sehingga mebel ini tidak kita anjurkan untuk orang yang masih berpindah-pidah tempat, sewa atau kost. Bentuknya yang besar perlu tenaga besar untuk menggerakkan ataupun memindahkannya. Oleh karena itu mebel free standing tidak praktis untuk pindahan,

5. Mebel Inflatable

Furniture ini merupakan inovasi baru dalam mebel. Bentuknya bisa mengembang dan mengecil. Sehingga untuk merancangnya kita perlu ketelitian dan pengukuran yang kompleks. Jenis mebel ini muncul karena banyaknya keluhan pelanggan yang memiliki pintu rumah kecil, sehingga tidak bisa masuk. Dengan pola minimize, meja atau sofa bisa kita atur sehingga fungsinya maksimal. 

6. Build in furniture

Mungkin kita pernah melihat rak buku yang bersambung dengan dinding dan meja tv. Semua menyatu dalam satu konstruksi. Bentuknya yang sangat kompleks membutuhkan rancangan yang detail. Material yang kita gunakan untuk membangun furniture ini haruslah kuat seperti kayu jati. Cara memilih warna furnitur tidak bisa asal-asalan. Tapi kamu tidak perlu bingung karena hutan kayu furniture telah hadir. Di sini kamu bisa merancang furniture impian mu bersama para expert yang telah berpengalaman. 

Keunggulan dari build in furnitur adalah konstruksinya yang kokoh dan paten. Untuk kamu yang telah memiliki rumah hunian sangat cocok memasang mebel ini di sana. Apalagi untuk menyimpan buku-buku dengan sebagai sumber informasi yang tak lekang oleh waktu. Dengan menyimpannya di tempat yang tetap, kita mudah untuk menemukannya kembali. Bahkan buku dari zaman sekarang bisa kita simpan untuk anak cucu nantinya. Keunggulan lainnya adalah kita bisa menyesuaikan warna mebel dengan nuansa rumah kita. Sehingga keberadaan furniture semakin menguatkan nilai estetika hunian. 

Hutan Kayu Furnitur

Cara memilih warna furnitur

Furnitur Mebel Hutankayu

Cari mebel dari bahan material kayu yang kokoh? Yuk ke hutan kayu furniture. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis dan model mebel berkualitas. Sistem orderan dan penjaminan juga sangat lengkap serta jelas. Setiap pesanan mereka kerjakan secara profesional. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari furniture untuk rumah hunian, kantor, hingga hotel. Kamu bisa memesan perabot secara custom ya di sini. Pilih dan tentukan desain terbaik yang sesuai selera mu. Hutan kayu furniture akan mewujudkannya dalam bentuk mebel berkualitas. Yuk order sekarang di https://hutankayufurniture.com/ atau hubungi (064) 3321233

Leave a Reply